Selasa, 01 Maret 2016

Panorama Alam nan Indah di Telaga Sarangan

Gunung Lawu menyimpan berbagai macam objek wisata yang menarik dan salah satunya adalah Telaga Sarangan yang juga disebut sebagai Telaga Pasir. Telaga ini merupakan objek wisata alam yang berada di kaki lereng Gunung Lawu dan secara administratif berlokasi di Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur. Jika anda berangkat dari kota Magetan maka anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 16 kilometer. Telaga Sarangan yang mampu menarik para wisatawan setiap tahun ini memiliki kedalaman 28 meter dengan luas sekitar 30 hektar. Di area telaga banyak sekali tempat-tempat penginapan seperti hotel berbintang, pondok wisata, dan juga hotel-hotel kecil lainnya. Tidak heran apabila Telaga Sarangan menjadi kawasan wisata andalan wilayah Magetan.
Saat anda berkunjung ke objek wisata alam Telaga Sarangan maka mata anda akan disuguhi dengan pemandangan perbukitan yang ditumbuhi dengan pepohonan tinggi dan hijau berlatar belakang Gunung Lawu. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menjauhi keramaian dan kesibukan kota untuk sementara di hari libur. Udaranya yang bersih dan sejuk serta suasana alamnya yang tenang membuat pikiran menjadi lebih rileks.
Di kawasan telaga ini di tumbuhi pepohonan pinus sehingga bagi anda yang menyukai petualangan dapat mencoba untuk berkeliling hutan pinus. Selain itu, terdapat fasilitas untuk berkeliling telaga seperti perahu air, speed boat, dan becak air. Setelah lelah berkeliling kawasan ini anda bisa mengisi perut sambil beristirahat di warung-warung makan yang berada di sekitar objek wisata Telaga Sarangan. Nikmatilah sate kelinci dan nasi pecel yang merupakan masakan khas wilayah ini dan dijamin rasanya sedap. Setelah pulang jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di toko cinderamata yang juga ada banyak terdapat di objek wisata ini.

Setiap tahun di telaga ini diadakan Ritual Labuh dengan tujuan untuk mengucapkan syukur kepada Sang Pencipta atas segala berkat dan berkah yang telah diberikan. Ritual ini biasanya diadakan pada hari Jumat Pon sesuai dengan kalender Jawa. Para pengunjung juga dapat melihat ritual yang diadakan di Telaga Sarangan Magetan ini.



sumber: wisatanesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar