Sabtu, 27 Februari 2016

Wisata Religi Goa Pohsarang / Goa Maria Di Kediri


Mendengar kata Lourdes, biasanya pikiran orang akan tertuju pada Paris yang memiliki Gua Bunda Maria yang begitu indah. Banyak orang yang terpukau bahkan ingin menjejakkan kaki disana, tak terkecuali warga Indonesia. Bagi anda yang belum sempat mengunjungi Gua Bunda Maria di Lourdes, anda bisa mengunjungi Lourdes Kecil yang ada di Jawa Timur, tepatnya di Desa Puhsarang yang berjarak 18 kilometer dari pusat Kota Kediri.
Sama halnya dengan Lourdes yang menjadi salah satu ikon Paris, Lourdes Kecil di Jawa Timur juga menjadi salah satu ikon wisata Kediri dan menjadi tempat peribadatan umat Kristiani di Indonesia. Gereja Puhsarang yang termasuk dalam kompleks gua cukup berbeda dari gereja tua pada umumnya, dimana arsitekturnya mirip bangunan peninggalan masa Kerajaan Hindu-Buddha. Setiap bagian Gereja Puhsarang yang telah berusia ¾ abad ini sangat menonjolkan sentuhan budaya lokal. Saat memasuki halaman gereja, pengunjung akan disambut oleh patung Bunda Maria dan Yesus yang membukakan tangan seakan mengucapkan selamat datang. Uniknya, atap gereja ini berbentuk seperti perahu di atas gunung, yang memang menyimbolkan bahtera Nabi Nuh yang mendarat di Gunung Ararat. Keunikan lainnya adalah tidak adanya bangku dan organ di dalam ruangan utama gereja. Umat memang dipersilahkan duduk secara lesehan saat menikmati prosesi misa yang diiringi gamelan Jawa. Selain Gereja Puhsarang, terdapat juga menara lonceng Santo Hendricus yang disebut-sebut sebagai bentuk penghormatan kepada santo yang telah melindungi sang arsitek. Di atas menara lonceng ini, terdapat seekor ayam jantan yang berfungsi sebagai penunjuk arah mata angin.
Adapun pemberian julukan Lourdes pada kawasan ini didasarkan pada letak Gua Maria yang berada tidak jauh dari Gereja Puhsarang. Gua Maria ini dilengkapi stasi jalan salib yang menyerupai Gua Maria Lourdes. Untuk mencapai Gua Maria ini, peziarah harus menyusuri jalan batu yang licin dengan berjalan kaki. Setibanya di lingkungan Gua Maria, suasana teduh akan langsung terasa. Seketika batin ini terasa tenang manakala melihat rimbunnya pepohonan dan mendengar lantunan doa rosario dari para peziarah.

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar